Insert table and header

INSERT TABLE DAN HEADER

A. Cara Membuat Table
Program MS Word juga menyediakan beberapa fasilitas untuk membuat table yakni fasilitas Insert Table, Draw Table, dan Excel Spreadsheet. Penggunaan masing – masing fasilitas ini pun cukup mudah. Kita bisa  memilih salah satu fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama kita akan mencoba dengan Fasilitas Insert Table, fasilitas ini menyediakan dua pilihan cara untuk membuat Tabel. Cara pertama memiliki langkah yang lebih pendek dan ringkas, sedangkan cara yang kedua membutuhkan langkah yang sedikit lebih banyak. Dan berikut ini adalah langkah – langkah penggunaan fasilitas Insert Table.
1. Pertama-tama masuklah ke dalam Tab Insert.
2. Selanjutnya pilihlah perintah Table dan sorotlah kotak – kotak kecil yang muncul. Kotak – kotak kecil ini mewakili jumlah kolom dan baris pada table yang hendak kita buat.

Gambar : Menyorot kotak-kotak kecil untuk membuat tabel


3. Lantas klik tombol kiri mouse kita pada kotak terakhir yang kita sorot yakni kotak di sudut kanan bawah.
4. Setelah itu kita akan mendapati tampilan awal table yang telah muncul pada slide presentasi.

Gambar : Tampilan awal Tabel


5. Sementara itu bila kita ingin menggunakan cara kedua, maka pilihlah kembali perintah Tabel dan klik opsi Insert Table.

Gambar : memilih opsi Insert Table


6. Atau kita klik ikon Insert Table yang terdapat di tengah slide.

Gambar : Memilih ikon Insert Table di tengah slide


7. Pada kotak dialok Insert Table yang muncul, masukkanlah jumlah kolom di kotak Number of columns dan jumlah baris di kotak Number of rows untuk table yang akan kita buat.

Gambar : Tampilan kotak dialok Insert Table


8. Jika sudah pilihlah tombol OK sehingga muncul bentuk awal table di slide presentasi.

Cara membuat table berikutnya yaitu dengan menggunakan fasilitas Draw Table atau menggambar table bisa jadi merupakan fasilitas yang paling menyenangkan untuk membuat sebuah table. Berikut ini cara penggunaannya.
1. Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik opsi Draw Table.

Gambar : Memilih opsi Draw Tabel

2. Selanjutnya klik dan drag untuk membuat garis terluar table.

Gambar : Membuat garis terluar sebuah table

3. Selanjutnya pilihlah perintah Draw Table yang muncul pada Tab Design Table Tools, perintah ini akan muncul bila sebuah tabel berada dalam keadaan aktif.

Gambar : Memilih perintah Draw Table

4. Kemudian buatlah garis horizontal dengan cara klik dan drag dari sisi kiri ke sisi kanan.

Gambar : Tampilan sebuah garis yang di buat dengan cara klik dan drag

5. Ulangi langkah ini sehingga terbentuk baris – baris pada bentuk awal table tersebut.
6. Berikutnya buatlah garis vertical dengan cara klik dan drag dari sisi atas ke sisi bawah.
7. Ulangi langkah ini sehingga terbentuklah kolom – kolom pada bentuk awal table tersebut.

Gambar : Tampilan table yang di buat dengan cara menggambar garis – garis

8. Sementara itu bila terjadi kesalahan saat pembuatan garis – garis table, gunakanlah fasilitas Eraser Tool untuk menghapusnya. Caranya pilihlah Eraser Tool pada Design Table Tool.

Gambar : Memilih Eraser Tool

9. Sesudah itu kita akan mendapati bentuk kursor Mouse telah berganti bentuk menjadi sebuah penghapus. Klik pada garis yang hendak di hapus untuk menghilangkan garis tersebut.

Dan cara terakhir untuk membuat table yaitu dengan fasilitas Excel Spreadsheet, bila kita membutuhkan sebuah table yang memiliki kemampuan untuk menghitung nilai, maka sebaiknya tambahkanlah table Excel Spreadsheet. Dan berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuatnya.
1. Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik opsi Excel Spreadsheet.

Gambar : Memilih opsi Excel Spreadsheet
2. Setelah itu kita akan mendapati table Excel Spreadsheet yang berukuran kecil. Untuk membesarkan ukurannya, klik di sudut kanan bawah table dan drag kearah kanan bawah.
3. Ketika sebuah tabel Excel Spreadsheet telah di tambahkan dan berada dalam keadaan aktif, maka kita akan mendapati Ribbon Excel muncul di jendela MS Powerpoint 2010 sehingga kita bisa menggunakannya untuk mengolah data tabel Excel Spreadsheet.

Gambar : Menarik sudut kanan bawah table Excel Spreadsheet

4. Apa bila kita melakukan klik di luar table Excel Spreadsheet, maka table tersebut akan berada dalam keadaan nonaktif. Untuk meng aktifkan kembali, klik ganda di dalam area table.


B. Cara Membuat Header
          Cara membuat atau menampilkan header pada halaman Ma Word cukup mudah karena semuanya sudah tersedia sedemikian rupa sehingga sangat mudah digunakan. Meski beberapa versi Ms Word menunjukan perbedaan yang signifikan tetapi secara umum masih sama saja. Perbedaan biasanya terletak pada letak atau penyajian menunya.
          Dalam dokumen word, header adalah kalimat, angka, atau gambar yang terletak di bagian atas dokumen dan terpisah dari bagian isi. Biasanya, header dibuat agar memuat kalimat atau gambar yang sama untuk semua halaman tetapi kita juga bisa mengaturnya agar header hanya tampil di halaman depan atau berbeda untuk setiap halaman.
          Berdasarkan pengerttian tersebut, maka kita bisa mengetahui fungsi dari header itu sendiri. Pada dasarnya header berfungsi untuk membuat cetakan yang berisi informasi tertentu dari bagian kepala. Informasi tersebut dapat dibuat dalam bentuk tulisan ataupun gambar.
          Ms Word bisa dibilang sangat lengkap karena menyediakan berbagai model atau tipe header yang dapat kita pilih dan dapat dengan mudah kita modifikasi sesuai keinginan. Hanya melalui beberapa langkah sederhana kita sudah dapat menghasilkan header sesuai keinginan.

1. Membuat Header Berlaku untuk Semua Halaman
a. Buka dokumen Word yang ingin diberi header
b. Klik menu insert > header > pilih model header yang kamu butuhkan.


c. Setelah header muncul, ketik tulisan header sesuai keinginan.
d. Untuk keluar dari area header, klik dua kali.
e. Untuk memodifikasi, klik dua kali di bagian header maka akan muncul header footer tools.
f. Gunakan menu design untuk memodifikasi header sesuai keinginan.

2. Membuat Header Hanya Tampil di Halaman Pertama
a. Buka dokumen Word yang ingin diberi header
b. Klik menu insert > option > Different first page
Dengan mencentang different first page, anda dapat menampilkan header hanya ada halaman pertama saja atau pada setiap halaman dengan tulisan atau informasi yang berbeda di setiap halamannya.

3. Membuat Header Halaman Ganjil Genap
          Kita juga bisa membuat header dengan model ganjil genap. Dengan pilihan ini, kita bisa membuat header yang berbeda untuk setiap halaman ganjil dan genap. Dengan kata lain setiap halaman ganjil akan memiliki header  yang sama dan setiap halaman yang genap akan memiliki header yanh sama pula.
Berikut langkah-langkahnya:
a. Buka dokumen Word yang ingin diberi header
b. Klik menu Insert > header > pilih model header yang diinginkan
c. Jika header aktif maka akan muncul header dan footer tools
d. Lihat menu design > option > Different Odd dan Even Pages

4. Cara Menghapus atau Menghilangkan Header
a. Buka dokumen yang ingin dihilangkan headernya
b. Double klik pada bagian header agar muncul header dan footer tools
c. Pilih design > header > remove header

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Table of contents

Footer, equation dansymbol

Home font